Saat ini banyak Produsen IPAL yang membantu konsumen sampai mendapatkan ijin pembuangan limbah cair dari Pemerintah Daerah setempat. Oleh karena adanya keterlibatan Produsen IPAL memainkan peranan penting, karena disisi lain konsumen sangat terbantu dengan bantuan teknis ini.

Beberapa daftar periksa dibawah ini akan membantu para konsumen untuk memilih Produsen IPAL sebagai strategi perencanaan kebutuhan alat pengolah limbah, yaitu:

  1. 1. Apakah Produsen IPAL memiliki Registrasi Teknologi Ramah Lingkungan (TRL) di KLHK? (YA/TIDAK)
    Jika YA Minta nomor registrasi dan cek di situs web: http://standardisasi.menlhk.go.id
  2. Apakah Produsen memiliki rekam jejak pada IPAL sebelumnya yang telah lulus dan mendapatkan izin pembuangan limbah cair dari Pemda setempat? (YA/TIDAK), Jika YA (minta bukti Izin yang sudah diterbitkan).
  3. Apakah Produsen menawarkan jaminan penuh bahwa IPAL yang diproduksi akan mendapatkan izin pembuangan limbah cair/ (YA/TIDAK) Jika YA (Minta surat resmi dari Produsen IPAL).
  4. Apakah Produsen diakui statusnya oleh Asosiasi terkait seperti Asosiasi Produsen IPAL Indonesia (IPALINDOI)? (YA/TIDAK) Jika YA minta bukti terkait atau kunjungi www.ipal-indonesia.org
  5. Apakah Produsen menawarkan garansi penuh terhadap ketersediaan suku cadang dan transfer pengetahuan teknis untuk operator IPAL? (YA/TIDAK) Jika YA minta surat resmi.

Jika terdapat jawaban TIDAK dari salah satu daftar periksa diatas, maka Konsumen harus mempertanyakan kemampuan dan tanggungjawab Produsen terhadap Produk IPAL yang dihasilkannya.

Lihat video edukasinya di youtube channel CR-Enviro TV https://www.youtube.com/watch?v=g1tJsqX-Hxs

Share This: